Jumat, 12 Oktober 2012

Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Dalam rangka mengenang para pahlawan revolusi Indonesia, SMP 3 Sragi mengadakan kegiatan upacara Hari Kesaktian Pancasila. 
Hari Kesaktian Pancasila tanggal 1 Oktober, tepatnya selang sehari dengan peringatan G30SPKI. Dapat dikatakan bahwa hari kesaktian pancasila merupakan kelanjutan dari perjuangan para pahlawan revolusi dalam mempertahankan kekuasaan dan ideologi Pancasila dari ancaman PKI yang akan menggantinya dengan idelogi komunis sosialis pada 30 September 1965 lalu.
Sedikit mengingat kembali 47 tahun yang lalu, 30 September 1965 terjadi pembantaian yang dilakukan oleh gerakan PKI terhadap pemerintahan yang bertujuan untuk merebut kekuasaan pemerintahan dan mengganti ideologi pancasila dengan ideologi komunis. Namun berkat perjuangan para pahlawan revolusi, tujuan tersebut tidak dapat terlaksana, yang akhirnya pada 1 Oktober 1965 idelogi pancasila terlahir kembali, dan tetap menjadi idelogi bangsa Indonesia, sebagai tujuan dan falsafah hidup bangsa. Perjuangan dan pengorbanan pahlawan revolusi seharusnya tidak berhenti disitu saja. Demi Kembalinya idelogi Pancasila, mereka rela membayarnya dengan darah bahkan dengan jiwanya.
Pancasila sebagai idelogi bangsa, menjadi pandangan hidup dan pegangan sekaligus sebagai tujuan bangsa Indonesia. Begitu juga dengan pejabat pelaksana pemerintahan, yang seharusnya juga menerapkan Pancasila sebagai dasar dalam menyelenggarakan pemerintahan. 






Tidak ada komentar:

Poskan Komentar